Blog Jasa Penerjemah Jepang Inggris

Login Pelanggan

Ikuti Kami di Google Plus

Penerjemah Resmi ataukah Penerjemah Tersumpah?

Mengenal profesi penerjemah tersumpah

Penerjemah tersumpah adalah profesi penerjemah yang telah berhasil lulus dalam uji kemampuan bahasa yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia dengan nilai tertinggi, yaitu A (minimal 80), dan telah mendaftarkan diri ke kantor Gubernur DKI Jakarta untuk kemudian disumpah sesuai jabatannya sebagai penerjemah bersumpah serta memperoleh sertifikat yang akan ditanda tangani dan distempel oleh Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Sejak diambil sumpah dan memperoleh sertifikat sebagai penerjemah tersumpah itulah, seorang penerjemah bersumpah diperbolehkan menerjemahkan dokumen-dokumen berbahasa hukum atau umum dikenal sebagai dokumen resmi, seperti akta notaris, akta pendirian perusahaan, catatan rapaty umum pemegang saham, ijazah, transkrip, raport dan sebagainya.

Mengenal profesi penerjemah resmi

Penerjemah resmi adalah penerjemah yang telah diambil sumpahnya sebagai penerjemah tersumpah dan telah memperoleh sertifikat dari Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta serta telah mendaftarkan diri pada instansi-instansi pemerintah yang terkait seperti Departemen Hukum dan HAM, Departemen Luar Negeri, Kedutaan Besar atau kantor notaris. Pendaftaran disini meliputi pendafataran nama dan tanda tangan dari penerjemah tersumpah tersebut yang nantinya digunakan untuk menegaskan dokumen yang diterjemahkannya sebagai dokumen resmi yang memerlukan legalisasi dari isntansi atau lembaga resmi.

Jadi, penerjemah resmi adalah penerjemah bersumpah yang nama dan tanda tangannya telah terdaftar dan diakui oleh instansi-instansi resmi pemerintah dan keduataan besar negara-negara sahabat. Demikian perbedaan antara penerjemah tersumpah dan penerjemah resmi.

Tags: Penerjemah Tersumpah, Penerjemah Resmi, Penerjemah Bersumpah