Blog Jasa Penerjemah Jepang Inggris

Login Pelanggan

Ikuti Kami di Google Plus

Analisa Penerjemahan Dengan Google Translate

Google Translate vs Penerjemahan Manual

Seiring dengan semakin majunya teknologi, kini banyak kita kenal berbagai alat penerjemahan otomatis yang diharapkan mampu membantu penggunanya untuk bisa menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Salah satu dari mesin atau alat terjemahan otomatis yang paling populer adalah yang kita kenal dengan Google Translate, sebuah mesin, alat atau software penerjemah otomatis yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google Inc. Pada prinsipnya kehadiran Google Translate sebagai mesin penerjemahan otomatis, bisa bermanfaat bagi orang yang berprofesi sebagai penerjemah untuk mencari padanan kata atau penggalan kalimat pendek dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Namun, pada kenyataannya tidak sedikit yang menggunakannya untuk menerjemahkan kalimat-kalimat pajang dengan pola dan struktur kalimat yang memiliki tata bahasa yang rumit. Sudah pasti hasilnya pun tidak akan dengan benar menyiratkan makna yang sesungguhnya. Terlebih lagi apabila kalimat pajang tersebut berbahasa Jepang atau bahasa-bahasa asing yang kompleks lainnya, sudah pasti akan menghancurkan makna yang sebenarnya.

Berbeda halnya dengan hasil terjemahan yang dilakukan secara manual atau manual translate, dimana manusia yang mengerjakannya benar-benar memiliki penguasaan bahasa asing yang baik, maka hasil terjemahan pun akan dipastikan mewakili makna yang tersirat.

Akankah Google Translate menggusur profesi penerjemah manual?

Proses translate pada hakikatnya adalah sebuah seni, dimana akan melibatkan ekspresi, emosi dan intuisi dari orang yang mengerjakannya, sehingga hasilnya pun akan benar-benar menyiratkan makna atau arti yang sesungguhnya. Tidak demikian halnya dengan Google Translate atau mesin, alat dan software otomatis lainnya. Mesin atau software penerjemah tidak memiliki hal tersebut, mereka hanya bekerja perkata, dan memang tidak direkomendasikan untuk digunakan menerjemahkan kalimat panjang dengan pola dan struktur yang kompleks seperti yang terdapat dalam bahasa Jepang dan bahasa lainnya.

Tags: Google Translate, Penerjemah Manual, Manual Translate